Purwakarta, 1 Agustus 2024 – SMA-MA Al-Muhajirin terus berinovasi dalam metode pembelajaran dengan mengedepankan kolaborasi dan interaksi antarsiswa. Salah satu inovasi terbaru datang dari Fitri Wulandari, S.Pd, guru Matematika Peminatan di kelas 12 MIPA 2, yang memperkenalkan pembelajaran berbasis kelompok dengan menggunakan permainan domino untuk mempelajari limit fungsi trigonometri.
Dalam pembelajaran yang berlangsung pada pertemuan kedua ini, Fitri Wulandari mengajak siswa untuk bekerja secara berkelompok guna memahami dan menguasai rumus-rumus limit fungsi trigonometri. Setiap kelompok diberikan serangkaian kartu domino yang memuat soal-soal trigonometri. Tugas mereka adalah menemukan pasangan jawaban yang tepat dan menyusunnya menjadi rangkaian solusi yang benar.
“Saya percaya bahwa pembelajaran kolaboratif tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi, tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan bekerja dalam tim. Dengan permainan domino ini, siswa dapat belajar sambil berinteraksi dengan teman-temannya, sehingga suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif,” ujar Fitri Wulandari.
Kegiatan pembelajaran diawali dengan niat dan doa bersama, diikuti oleh penyampaian tujuan pembelajaran dan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari serta integrasi dengan ilmu lain, seperti fisika dan pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an. Guru juga memberikan motivasi kepada siswa dengan kutipan dari surat Al-Insyiroh ayat 5, "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."
Setelah penjelasan materi dan diskusi awal, siswa diharuskan memahami dan menghafal rumus-rumus limit fungsi trigonometri melalui kegiatan kelompok. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memilih kartu domino yang sesuai dengan soal yang mereka terima dan menyusunnya di papan tulis. Proses ini mendorong siswa untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan bekerja sama dalam menemukan jawaban yang tepat.
Pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan kerja tim dan komunikasi antar siswa. Siswa yang belum memahami materi diberikan kesempatan untuk bertanya kepada teman-temannya, sehingga tercipta suasana belajar yang saling mendukung.
Untuk memperluas manfaat dari metode ini, Fitri Wulandari berencana untuk mengunggah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta soal dan hasil permainan domino di platform Scribd.com, serta membagikan foto-foto kegiatan melalui media sosial. Dengan demikian, hasil dari pembelajaran kolaboratif ini dapat menginspirasi guru-guru lain dan memberikan manfaat yang lebih luas.
Melalui metode pembelajaran ini, SMA-MA Al-Muhajirin berharap dapat mendorong siswa untuk tidak hanya memahami materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk kehidupan mereka di masa depan. Pembelajaran kolaboratif ini menunjukkan bahwa belajar matematika bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan penuh makna, baik secara individu maupun dalam kelompok.
Tinggalkan Komentar